Fatawa Anak Muslim (17) : Meletakkan Kain dan Semisalnya Diperut Bayi

meletakkan kain

Makkah al-mukarramah (20/07/1437H).

Ditulis oleh: Hamidin As-Sidawy Al-Atsary

Sumber:

Al-fatawa At-tifl Al-muslim, dari Syeikh Abduz Aziz bin Abdillah bin Baz, Syeikh Muhammad bin shalih al-utsaimin, Abdullah bin Abdurrahman bin jibrin, Syeikh bin fauzan al-fauzan dan lajnah daimah lil iftah, dikumpulkan oleh Yahya bin said ali salwan, hal : 13, penerbit dar qosam

No comments

PERTANYAAN : Apakah diperbolehkan meletakan selehai kain atau secuil kulit atau semisalnya diperut anak laki-laki atau anak perempuan diumur menyusui atau umur dewasa, dikawasan janub kami biasa memakai secarik kain atau kulit diperut anak perempuan atau anak laki-laki, baik kecil maupun besar juga. Kami mengharap faidah dalam hal tersebut?

JAWABAN : Apabila meletakkan kain ini atau kulit ini dengan maksud untuk tamimah yaitu mendatangkan manfaat atau menolak bahaya maka ini adalah haram bahkan bisa menjadi kesyirikan.

Tapi apabila karena tujuan yang benar seperti untuk menahan pusar anak agar tidak naik atau untuk mengencangkan punggung, maka tidak mengapa dengan hal tersebut.

Semoga shalawat dan salam tercurah atas Nabi kita Muhammad, segenap keluarga dan para sahabatnya. (Fatawa al-lajnah ad-daimah, 1/211).

Demikian semoga bermanfaat, tidak lupa kami mengucapkan Shalawat dan salam tetap terlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, segenap keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikutinya dengan benar sampai akhir zaman,,,,

(Kami terjemahkan dari kitab : Al-fatawa At-tifl Al-muslim, dari Syeikh Abduz Aziz bin Abdillah bin Baz, Syeikh Muhammad bin shalih al-utsaimin, Abdullah bin Abdurrahman bin jibrin, Syeikh bin fauzan al-fauzan dan lajnah daimah lil iftah, dikumpulkan oleh Yahya bin said ali salwan, hal : 13, penerbit dar qosam).

Bersambung insyaAllah ta’ala……

Alih bahasa, al-faqir illah
Hamidin as-sidawy, Abu harits
Makkah al-mukarramah (20/07/1437H).

Tags

Tentang Penulis

Hamidin As-Sidawy Al-Atsary

Berikan komentar anda