Hukum memberi nama dengan nama-nama berikut – Fatawa Anak Muslim (33)

hukum memberi nama dengan nama-nama berikut

Makkah al-mukarramah (24/03/1439 H)

Ditulis oleh: Hamidin As-Sidawy Al-Atsary

Sumber:

Syekh Bin Baaz (fatawa islamiyah: 4/402).

No comments

Hukum memberi nama dengan nama-nama berikut – Fatawa Anak Muslim (33)

PERTANYAAN : Apakah seorang muslim boleh memberi nama dengan (Thaha, Yasin, Khabbab, Abdul Muththalib, AL Habab, Qaruun, Al Walid) ? Dan apakah Thaha dan yasin termasuk dari nama-nama Nabi Muhammad shallallaahu’alaihi wa sallam?

JAWABAN : Diperbolehkan untuk memberi nama dengan nama-nama tersebut, karena tidak ada dalil yang melarangnya. Akan tetapi bagi seorang muslim lebih utama untuk memilih sebaik-baik nama yaitu yang berkaitan dengan bentuk penghambaan kepada Allah, seperti: Abdullah, Abdurahman atau Abdul malik dan yang semisalnya, dan juga nama-nama yang biasa terkenal seperti Muhammad, shalih dan yang lainnya , dari pada memberi nama dengan Qarun dan yang semisalnya. Adapun Abdul Muththalib, maka boleh memberi nama dengannya sebagai bentuk pengecualian. Karena Nabi Muhammad shallallaahu’alaihi wa sallam telah menetapkan sebagian sahabat dengan nama ini.

Dan tidak diperbolehkan memberi nama dengan bentuk penghambaan kepada selain Allah seperti Abdunnabiy, Abdul Husain, atau Abdul Ka’bah dan lain-lain. Dan Abu Muhammad Ibnu Hazm, telah mengutarakan kesepakatan para ahli ilmu tentang pengharaman itu.

Adapun Thaha dan Yasin tidak termasuk dari nama-nama Nabi shallallaahu’alaihi wasallam menurut pendapat para ulama yang paling benar. Akan tetapi kedua nama tersebut termasuk dari huruf-huruf yang terputus yang terdapat di awal-awal surah seperti, Shad, Qaf, Nun dan yang semisalnya.

Syekh Bin Baaz (fatawa islamiyah: 4/402).

Alih bahasa
Hamidin, Abu harits As-sidawy
Makkah al-mukarramah (24/03/1439 H)

Tags

Tentang Penulis

Hamidin As-Sidawy Al-Atsary

Berikan komentar anda