Mengapa Kita Mesti Menghafal Al-Quran Al-Karim?

menghafal Al-Quran Al-Karim

Makkah Al mukarramah 26/Shafar/1435 H

Ditulis oleh: Ummu Fayha Anisah

Sumber:

"Ashal wa Asra'u lihifdzil Qur'an Al karim", karya Abdurrahman shibagh. hal. 40

No comments

1. Sebelum segala sesuatu, Al qur’an adalah kalaamullah.
Barangsiapa yang mencintai sesuatu , maka akan senantiasa menyebutnya. Begitu juga di saat kita mencintai Allah, maka kita akan senatiasa menyebut-Nya, salah satunya dengan banyak membaca perkataan-Nya. Dan di saat kita menghafalnya, maka sungguh kita sedang menghafal seagung agungnya kitab. Dengan hafalan ini maka akan terbukalah bagi kita pintu-pintu kebaikan seluruhnya.

2. bukankah kita menginginkan kebaikan?
Di tengan menghafal Al qur’an sungguh kita akan melihat bahwa kita sedang mendapatkan setiap satu huruf sepuluh kebaikan. Sebagai contoh: jumlah huruf terpendek dalam Al qur’an adalah surat Al kautsar (42 huruf), dengan surat ini kita akan membacanya dengan sangat mudah. Ini artinya kita mempunyai pendapatan sejumlah 420 kebaikan, insyaAllah. Bayangkan berapakah kebaikan yang akan kita dapatkan di saat kita menghafal Al qur’an yang meliputi lebih dari 300.000 huruf!!

3. setiap kita menginginkan untuk bisa menguasai semua disiplin ilmu dan komitmen dengan ajaran Allah subhaanahu wa ta’ala.
Untuk mencapai hal itu : Maka Al qur’an mencakup semua ilmu baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat. Diantaranya adalah :
– mencakup kisah orang-orang terdahulu dan terbelakang,
– mencakup bukti-bukti ilmiah dan alam, kedokteran dan syari’at.,
– mencakup hukum-hukum perundangan yang mengatur kehidupan orang-orang beriman, karena ia adalah pedoman hidupnya kaum muslimin yang membuat mereka lebih bahagia.

4. setiap kita menginginkan keamanan dan keselamatan, khususnya keselamatan di saat kematian menghampiri kita.
Akan tetapi apa itu jalan keselamatan?
Ia adalah Al Qur’an Al karim.
Seorang pembaca AlQur’an akan selalu bersama para malaikat yang baik lagi mulia.

5. Jika kita ingin menjadi orang yang fasih dalam berbicara….
Maka, tidak ada yang mesti kita lakukan, kecuali menghafal Al Qur’an, mengulang ulangnya dan mempelajarinya. Karena ia adalah sumber Balaghah dan FAshahah. Dan sumber pertamanya bahasa arab.

6. Agar kita tidak merasa jenuh , bosan dan sedih.
Supaya kita tidak merasa sedih, takut dan bosan hidup, maka hendaklah kita memakmurkan waktu dengan banyak membaca Al qur’an. Karena ia dapat menghilangkan hal-hal negative yang ada di otak kita. Maka, di saat kita memulai untuk menghafal Al qur’an, kita akan mendapatkan diri kita seolah-olah baru dilahirkan.

7. Tidakkah kita ingin menjadi dokter untuk diri kita sendiri?
Maka, di dalam Al qur’an ada ilmu kedokteran dan ada obat penawar.
Allah subhaanahu wa ta’aala berfirman: ” Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”. (QS.Al Isra :82)
Ia adalah penawar untuk segala penyakit baik jiwa maupun raga. Ini adalah salah satu dalil akan keajaiban Al qur’an.

8. Tidakkah kita ingin kecerdasan anak-anak kita semakin tumbuh dan mendapatkan berbagai kemahiran yang lebih?
Maka, Al qur’an ada di hadapan kita, ia adalah sebaik-baik keterampilan ilmiah yang dapat menumbuhkan kecerdasan anak. Kenapa tidak?

Karena, Al qur’an mengajak kita untuk berfikir dan melakukan tadabbur, mulai dari penciptaan langit dan bumi, ini merupakan sebaik-baik tadabbur, bahkan penciptaan manusia dan penciptaan apa saja yang ada di sekeliling kita. Semua ini supaya iman kita bertambah dan ilmu dan amal kita pun menyatu.

Diambil dan diterjemahkan dari kitab yang berjudul “Ashal wa Asra’u lihifdzil Qur’an Al karim”, karya Abdurrahman shibagh. hal. 40

Ummu Fayha,Anisah
Makkah Al mukarramah
26/Shafar/1435 H

Tentang Penulis

Ummu Fayha Anisah

Berikan komentar anda