Pembangun Ka’bah – Silsilah Tanya Jawab Seputar Sirah An-Nabawiyah (19)

pembangun ka'bah

Makkah al-mukarramah (13/04/1437H).

Ditulis oleh: Hamidin As-Sidawy Al-Atsary

Sumber:

kitab ad-dur atsmin fi siraturrosul al-amina, karya Syeikh Mu'idz bin Abdillah az-zahrany –hafidzahullah-, cet dar taibah al-khadra, hal : 15, tahun 1424 H

No comments

PEMBANGUN KA’BAH

Pertanyaan: Siapakah yang telah membangun ka’bah dan siapakah yang memegang kekuasaannya pada waktu itu? Sebutkan dalilnya.

Jawaban: Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, beliaulah yang telah membangun ka’bah, adapun Nabi Ismail yang mendatangkan batu-batunya sehingga bangunan meninggi, bangunannya berada di atas bukit yang tinggi dekat air zamzam berada.

وَإِذۡ يَرۡفَعُ إِبۡرَٲهِـۧمُ ٱلۡقَوَاعِدَ مِنَ ٱلۡبَيۡتِ وَإِسۡمَـٰعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلۡ مِنَّآ‌ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡعَلِيمُ (١٢٧)

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman: “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membangun) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): “Ya Tuhan kami terimalah dari pada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (QS. Al Baqarah:127).

Dan setelah bangunan ka’bah selesai, maka kekuasaannya berada pada Nabi Ismail ‘alaihissalam dan keturunannya yang ada setelahnya.

Pertanyaan: Dengan apakah Allah memerintahkan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam setelah selesai membangun ka’bah?

Jawaban: Setelah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ‘alaihimassalam selesai membangun ka’bah, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam untuk memanggil manusia agar menunaikan ibadah haji.

وَأَذِّن فِى ٱلنَّاسِ بِٱلۡحَجِّ يَأۡتُوكَ رِجَالاً۬ وَعَلَىٰ ڪُلِّ ضَامِرٍ۬ يَأۡتِينَ مِن كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ۬ (٢٧)

Allah ta’ala berfirman: “Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.”.(QS. Al Hajj:27).

Telah dikatakan: bahwa Nabi Ibrahim ‘alaihissalam naik ke gunung Abi Qubays atau sebuah batu atau bukit, dikatakan pula bukit Arafah, beliau memanggil dengan Nama Allah seraya berkata: “Wahai sekalian manusia! Sesungguhnya Allah telah membangunkan untuk kalian sebuah rumah, maka berhajilah), maka Allah perdengarkan panggilannya kepada semua makhluk, siapa saja yang Allah catat baginya berhaji hingga hari kiamat, maka dia mengucapkan “Labbaikallaahumma Labbaik”. Aku datang penuhi panggilan-Mu Ya Allah.

Demikian, semoga bermanfaat dan tidak lupa kami mengucapkan Shalawat dan salam tetap terlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, segenap keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikutinya dengar benar sampai hari zaman,,,,

(Kami terjemah dari kitab ad-dur atsmin fi siraturrosul al-amina, karya Syeikh Mu’idz bin Abdillah az-zahrany –hafidzahullah-, cet dar taibah al-khadra, hal : 15, tahun 1424 H). Alih bahasa, al-faqir illah Hamidin as-sidawy, Abu harits Makkah al-mukarramah (13/04/1437H).

Tentang Penulis

Hamidin As-Sidawy Al-Atsary

Berikan komentar anda