Silsilah Keajaiban Kehidupan Kaum Salaf (1) : Kisah Seorang Ahli Ibadah Di basrah Ketika Mau Meninggal

ahli ibadah

Makkah al-mukarramah (24/07/1438 H).

Ditulis oleh: Hamidin As-Sidawy Al-Atsary

Sumber:

Al-mawaidz wa Al-majalis, karya Ibnu al-jauzi, hal : 110

No comments

Dahulu di basrah terdapat seorang ahli ibadah yang sangat dirundung rasa takut dan tangis kepada Allah. tatkala kematian mulai menghampirinya maka semua kerabatpun duduk disekitarnya dan berkata kepada mereka:

Dudukanlah aku, maka mereka pun mendudukannya, lalu ia berkata kepada sang ayah : wahai ayah, apakah yang membuatmu menangis?! Sang ayah menjawab : wahai anakku, aku teringat kepergianmu (kematianmu) dan kesendirianku sesudah kamu pergi.

Kemudian ia menoleh kepada sang ibu seraya mengatakan : wahai bunda, apakah yang membuatmu menangis?! Sang bunda pun menjawab : karena saya akan meneguk pahitnya kematianmu.

Kemudian ia menoleh kepada sang istri sembara berkata : wahai istriku, apakah yang membuatmu menangis?! Maka istri pun menjawab : karena hilangnya kebaikanmu dan hajatku kepada selainmu.

Kemudian ia menoleh kepada anak-anaknya dengan berkata : wahai anak-anakku, apa yang menyebabkan kalian menangis?! Mereka pun menjawab : karena hinanya menjadi anak yatim dan kami menjadi rendah setelahmu.

Setelah itu ia mengalihkan pandangan ke semuanya sambil menangis, maka mereka bertanya : apa yang membuatmu menangis? Lalu ia menjawab : karena masing-masing dari kalian menangis untuk dirinya sendiri, bukan untukku.

Tidakkah ada dari kalian yang menangis karena kepergianku yang panjang?! Tidakkah ada kalian yang menangis karena bekalku yang sedikit?! Tidakkah ada dari kalian yang menangis karena pembaringanku dialam kubur?! Tidakkah ada dari kalian yang menangis karena kejelekan yang akan ia jumpai dihari perhitungan (hari kiamat)?! Tidakkah diantara kalian yang menangis karena posisiku dihadapan Robb semesta alam?!

Kemudian ia terjatuh dihadapan mereka dan mereka pun menggerak-gerakannya, ternyata ia telah meninggal. (Lihat : Al-mawaidz wa Al-majalis, karya Ibnu al-jauzi, hal : 110).

Demikian semoga bermanfaat, tidak lupa kami mengucapkan Shalawat dan salam tetap terlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad, segenap keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikutinya dengan benar sampai akhir zaman…

Bersambung insyaAllah ta’ala…

Alih bahasa, al-faqir ilallah
Hamidin as-sidawy, Abu harits
Makkah al-mukarramah (24/07/1438 H).

Tentang Penulis

Hamidin As-Sidawy Al-Atsary

Berikan komentar anda